Jumat, 07 Februari 2014

Walillah Nyai Ageng Ngerang

Nyai Ageng Ngerang adalah Waliyullah dan Ulama wanita yang menyebarkan agama islam di wilayah Juwana Pati, Muria dan daerah Lereng Pegunungan Kendeng dan dimakamkan di Pedukuhan Ngerang Desa Tambakromo Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Jawa Tengah Makamnya dari kota Pati ke arah Selatan sekitar 18 km. Nyai Ageng Ngerang nama kecilnya bernama Dewi Roro Kasihan dan nama lainnya yakni Nyai Siti Rohmah. Beliau lebih dikenal masyarakat dengan sebutan dan gelar Nyai Ageng Ngerang karena bersuamikan Ki Ageng Ngerang I yang mempunyai wilayah kekuasaan di Ngerang Juwana. Nyai Ageng Ngerang merupakan salah satu keturunan Bangsawan Kerajaan Majapahit, Prabu Kertabumi (Brawijaya V) dan mempunyai nasab sampai dengan Nabi Muhammad Saw generasi ke 25 dari keluarga Bani Allawi Hadramaut.

Nyai Ageng Ngerang seorang waliyullah yang mumpuni dan diberi karomah oleh Allah Swt yang luar biasa. Karomah dan Berkahnya sampai sekarang masih dirasakan oleh masyarakat Pati Selatan dan Para Peziarah makam Waliyullah Nyai Ageng Ngerang. Nyai Ageng Ngerang merupakan Leluhur atau Pepunden Pati, Kasunanan Surakarta, dan Kasultanan Yogyakarta.

Nyai Ageng Ngerang diperkirakan hidup pada abad ke XV, masa hidup beliau sangat panjang. Menurut beberapa catatan Babat Tanah Jawi, Serat Centhini dan berbagai sumber buku dan juga dari Keraton Surakarta Hadiningrat berikut silsilah Nyai Ageng Ngerang :

  • Nama Asli Beliau: Dewi Roro Kasihan

  • Nama lain Beliau: Nyai Siti Rohmah

  • Nama Populer dimasyarakat: Nyai Ageng Ngerang

  • Gelar: Waliyullah Nyai Ageng Ngerang

  • Suami Beliau: Ki Ageng Ngerang I, Salah satu Putera Sunan Maulana Malik ibrahim al Magribi

  • Ayah Beliau: Raden Bondan Kejawan atau Aryo Lembu Peteng atau Ki Ageng Tarub II.

  • Ibu Beliau : Dewi Retno Nawangsih

  • Kakek Nenek: Prabu Kertabumi (Brawijaya V) dan Puteri Wandan kuning

  • Kakek nenek: Ki Ageng Tarub atau Joko Tarub dan Dewi Nawang Wulan, seorang bidadari dari kahyangan.

  • Saudara Kandung: Ki Ageng Wonosobo dan Ki ageng Getas Pendowo

  • Keturunan Nyai Ageng Ngerang sebagai berikut:

  1. Nyi Ageng Ngerang II atau Nyi ageng Selo II

Puteri Nyai ageng Ngerang ini menikah dengan Ki Ageng Selo, seorang legendaris yang mempunyai karomah dapat menangkap petir. Ki Ageng Selo adalah Keponakan dan sekaligus menantu Nyai Ageng Ngerang.

  1. Ki Ageng Ngerang II Putera Nyai Ageng Ngerang ini mempunyai putera yakni; Ki ageng Ngerang III, Ki Ageng Ngerang IV, dan Pangeran Kalijenar.

Ki Ageng Ngerang III Ki Ageng Ngerang III menikah dengan Raden Ayu Panengah atau Nyi Ageng Ngerang III salah satu puteri Sunan Kalijaga. dan mempunyai Putera yang bernama Ki Ageng Penjawi yang juga disebut Ki Ageng Pati karena mendapat hadiah dari Raja Pajang yakni tanah Perdikan yang sudah berbentuk wilayah yang sudah ramai. Ki Ageng Penjawi mempunyai Putera yakni Waskita Jawi yang menjadi permaisuri Panembahan Senopati Sutawijaya yang bergelar Ratu Mas. Dan yang satu lagi bernama Wasis JoyoKusumo yang bergelar Adipati Pragola Pati. Sunan Pakubuwono XIII dan Sultan Hamengkubuwono X adalah Keturunan Nyai Ageng Ngerang generasi ke 19.




0 komentar:

Posting Komentar