Jumat, 08 November 2013

Perjalanan Ruhani

PERJALANAN RUHANI


ketahuilah ada 2(dua) macam kedudukan "perjalanan ruhani" seseorang...
PERTAMA, orang yg memperoleh "tarikan" ALLAH, yaitu orang yg ditarik mendekat kpd ALLAH (terlebih dahulu), baru kemudian meniti jalan. Orang ini memperoleh INAYAH (pertolongan) ALLAH terlebih dahulu melalui tersingkapnya hijab, pelimpahan cahaya, fana, dn kedekatan ke hadirat-NYA...setelah itu barulah disempurnakan dgn SULUK (perjalanan ruhani).
KEDUA, orang yg meniti jalan ruhani terlebih dahulu baru kemudian "ditarik" mendekat kepada ALLAH, yaitu orang yg meniti jalan ruhani terlebih dahulu hingga mencapai tingkatan "mati", ketika itulah HIJAB tersingkap sehingga ia termasuk golongan hamba yg bisa menyaksikan keagungan-NYA. Mata hati nya tidak buta bahkan mampu melihat "akhir" segala yg ditampakan kpd nya diawal perjalanannya..pada setiap arah ia melihat jalan yg semuanya begitu dekat dengan NYA... Sayidina ABU BAKAR SIDIQ r.a berkata..."carilah "kematian" maka akan kau temui kehidupan"
->>ALLAH SWT hanya bisa dilihat oleh orang yg sdh "mati", yg belum "mati" belum bisa melihat-NYA.
->>jika menghendaki semua anugerah itu, maka obat mujarab utk itu adalah...KAU HARUS MERENDAH.
Syekh Abu al Abbas al Mursi r.a menegaskan..."tak kupedulikan orang yg dihatinya ada tanda2 kesombongan dn kebanggaan akan ibadahnya dn ilmunya, sebaliknya kusambut gembira orang yg dihatinya ada tanda2 penyesalan dosa dn kerendahan pada dirinya"...
->>Kedekatan dgn ALLAH hanya bisa diraih oleh orang yg merasa hina dn tawaduk (rendah hati) dalam perjalanannya... Tawaduk tidak hanya dihadapan ALLAH tetapi juga terhadap setiap orang yg kau jumpai, muda maupun tua...jadikan rasa takut sbg temanmu niscaya yg lain takut kepadamu.
Syekh Abdul Qodir aljilani q.s berkata... Apabila kau "mati" dari makhluk maka kau akan didoakan 'semoga ALLAH merahmatimu dn mematikanmu dari nafsu' lalu apabila kau telah "mati" dari nafsu, kau akan didoakan 'semoga ALLAH merahmatimu dn mematikanmu dari kehendakmu' lalu setelah kau "mati" dari kehendakmu maka kau akan didoakan 'semoga ALLAH merahmatimu dn "menghidupkanmu"....ketika itulah kau merasakan "hidup" yg tidak ada lagi "kematian" sesudahnya, diberi kekayaan yg tidak ada lagi kefakiran sesudahnya, diberi anugerah yg tdk ada lagi penghalang sesudahnya.
WaALLAHU a'lam..

0 komentar:

Posting Komentar