Rabu, 26 Maret 2014

KAWULA-GUSTI.BAB.05.CERMIN


KAWULA-GUSTI.BAB.05.CERMIN

by debujiwa on 12:42 PM, 25-Oct-13

1.Badan jasmani disebut cermin lahir karena merupakan cermin jauh dari memandang wajah Dia yang ber-Paes.badan ruhani disebut cermin batin.merupakan cermin jauh lebih dekat dari cermin lahir
2.Siang malam mereka melakukan sholat.hingga tiada hentinya terdengarlah pujian dan dzikir mereka.terkadang mereka mencari tempat lain dan berkosentrasi di keheningan.luar biasalah usaha mereka dan menjadikan Wajah Sang Peciptalah yang menjadi Pusat Pandangannya.
3.Badan cacat kita cela,keutamaan rendah diri kita puji.namun keadaan kita hanya digerakan dan didorong oleh sukma.tetapi sukma tidak nampak,yang nampak hanya adan
4.cermin batin itu bukanlah cermin yang dipakai orang biasa.cermin itu sangat istemewa.dan mendekati kenyataan.bila kau mengetahui badan sejati ini disebut kematian terpilih.
5.Bila kau melihat badanmu,Aku turut dilihat.. Bila kau memandang tidak Seperti begitu,maka pengetaui tiada sempurna.
6.sukma tidak jauh dari pribadi,ia tinggal ditempat itu jua,ia jauh kalau dipandang jauh.ia dekat kalau dianggap dekat.ia tidak kelihatan,karena antara dia dan manusia terdapat kekuadaanNya yang meresapi segala-gala.
7.hyang sukma purba menyembunyikan diri terhadat Penglihatan.sehingga ia lenyap sama sekali dan tidak dapat dilihat.kontemplasi trhdp Dia yang benar lenyap dan berhenti.jalan menemukanNya dilacak kembali dari puncak gunung.
8.Tetapi sang hyang sukma sendiri tidak dapat dilihat.cepat orang turun dari gunung dan dengan seksama orang melihat ke kiri ke kanan.namun Dia tidak ditemukan.hati orang itu berlalu penuh duka cita dan kerinduan.
9.dan sampai akhirnya ia meratap.air mata kerinduan membasahi permukaan hati.tanpa disadari hati mulai terbasuh air mata tekad kerinduan.dan cermin mulai tercuci dan berlahan-lahan bayangan kunjung nan purnama.

0 komentar:

Posting Komentar